Function.eval() digunakan untuk mengevaluasi apa saja yang direpresentasikan didalam parameter expression.

Function.eval() adalah fungsi standard JavaScript 1.0+, JScript 1.0+, ECMAScript 1.0+ dan didukung Google Chrome Beta+, Firefox 1.0 (Gecko 1.7)+, Internet Explorer 3+, Netscape Navigator 2.0+, Opera 3.0+, Safari 1.0+.

Sintaks:
eval(expression)
Dimana expression adalah ekspresi yang valid yang akan diperlakukan sebagai kode JavaScript oleh interpreter. Jika nilai parameter expression bukanlah string, maka itu yang akan dikembalikan. Sebagai contoh, eval(5) akan mengembalikan nilai 5. Jika nilai parameter expression adalah string, interpreter mencoba untuk menginterpretasikan string tersebut seolah-olah adalah kode JavaScript.

Misalkan saya mempunyai variabel myString seperti ini:
var myString="Halo!";
Jika saya mencoba menguji variabel diatas untuk banyaknya karakter didalam sebuah tanda kutip dan tanpa melibatkan Function.eval(), maka string "(myString.length) == 5" yang akan dikembalikan:
document.write("(myString.length) == 5");
Tetapi jika saya melibatkan Function.eval() untuk mengevaluasi ekspresi "(myString.length) == 5", maka nilai boolean true yang akan dikembalikan:
document.write(eval("(myString.length) == 5"));
Nilai true dikembalikan, karena interpreter menganggap bahwa diatas adalah sebuah kondisi (apakah banyaknya karakter dari variabel myString sebanyak 5) yang harus diuji kebenarannya dan tidak menganggap diatas adalah sebuah string.

Contoh-contoh berikutnya anda perlu mencoba untuk memperhatikan output dari setiap ekspresi yang melibatkan Function.eval() dan yang tidak.

Berikut interpreter menganggap ekspresi "1+1" yang melibatkan Function.eval() adalah operasi tambah-tambahan, yaitu 1 ditambah 1 dan hasilnya adalah 2:
document.write("1+1"); //"1+1"
document.write(eval("1+1")); //2
Contoh dibawah ini interpreter menganggap ekspresi "myNumVar" yang melibatkan fungsi Function.eval() adalah perwakilan variabel yang harus ditampilkan nilainya:
var myNumVar=12345;
document.write("myNumVar"); //"myNumVar"
document.write(eval("myNumVar")); //12345
Contoh dibawah ini interpreter menganggap ekspresi "document.write('Halo!')" yang melibatkan fungsi Function.eval() adalah perintah string 'Halo!' harus dituliskan kehalaman oleh metode write():
eval("document.write('Halo!')"); //"Halo!"

0 komentar Blogger 0 Facebook

Post a Comment

Mohon maaf bila blog ini tidak fokus hanya di software, karena saya ingin semua orang dapat mendapatkan ilmu yang ada di perkuliahan...

Semoga yang ada di blog ini bermanfaat...
Terikasih sudah mau berkunjung...

 
Ozan Hacker | Free Software and Tutorial. © . All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top